Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
6.09.2008

Robot Humanoid, Bisa Jungkir Balik dan Ngomong

Diposting oleh Cyber 707


i-Sobot (AFP)

Jepang - Sebuah robot humanoid terkecil di dunia diperkenalkan di Jepang. Mampu jungkir balik, akrobat, mengucapkan 180 kata serta merespon perintah verbal. Wow!

Dilansir AFP, dan dikutip detikINET, Selasa (10/6/2008), robot mungil berukuran 16,5 cm ini diberi nama i-Sobot. Guinness Book of World Records menobatkan robot besutan Tomy Co ini sebagai robot humanoid (menyerupai manusia) terkecil di dunia.

Dalam pertemuan para menteri negara-negara penguasa ekonomi dunia yang berlangsung di Jepang, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Jepang, Akira Amari, dengan bangga memperlihatkan robot tersebut.

Bahkan Jepang berniat mengirimi 11 menteri tersebut edisi khusus i-Sobot yang berwana hitam dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Selain mungil, keistimewaan lain yang dimiliki i-Sobot adalah mampu melakukan 200 gerakan fisik, termasuk jungkir balik dan gerakan akrobat lainnya, mengucapkan 180 kata, dan merespon perintah verbal.

"Robot ini mencerminkan keunikan budaya Jepang yakni kartun dan film animasi, dan diharapkan dapat menjadi sosok teman," jelas Mei Kudo, juru bicara Tomy.

Sejak peluncurannya Oktober 2007 silam, Tomy telah mengapalkan sekitar 20 ribu unit i-Sobot di Jepang dan 26 ribu unit di seluruh dunia. Harganya dibanderol pada kisaran USD 285 atau sekitar Rp 2,6 juta.



0 komentar: