Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
6.22.2008

Persentase Kelulusan Melorot, Wikipedia Disalahkan

Diposting oleh Cyber 707


Wikipedia (ist)
Edinburgh - Persentase siswa yang berhasil lulus ujian menurun untuk kali pertama di Skotlandia dalam empat tahun terakhir. Situs ensiklopedi online Wikipedia pun dijadikan salah satu kambing hitamnya.

Adalah lembaga Scottish Parent Teacher Council (SPTC) Skotlandia yang menuding Wikipedia turut bertanggungjawab atas melorotnya prestasi para siswa itu.

Eleanor Coner, pejabat information officer di SPTC mengemukakan, para siswa memang bisa mengoperasikan komputer dengan baik, namun mereka buruk dalam melakukan penelitian.

Pasalnya, mereka menyalin begitu saja informasi yang mereka dapat di internet, utamanya Wikipedia. Seperti diketahui, Wikipedia sering jadi bahan rujukan pelajar untuk mencari berbagai informasi. Padahal menurut Coner, belum tentu semua informasi itu benar.

"Hal semacam ini bisa berbahaya karena internet dikotori dengan opini dan informasi yang tidak akurat, namun dianggap sebagai fakta," kata Coner seperti dikutip detikINET dari United Press International, Senin (23/6/2008).

Kebanyakan artikel di Wikipedia memang bisa diedit oleh semua orang sehingga selalu ada kemungkinan kesalahan. Wikipedia sendiri menyatakan sudah mengambil langkah yang semestinya untuk menyajikan artikel seakurat mungkin.

Meski demikian, Wikipedia tetap memperingatkan mungkin saja ada kesalahan, utamanya pada artikel-artikel yang jarang dibaca.

0 komentar: