Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
12.13.2008

'Jangan Percayai Siapapun di Internet'

Diposting oleh Cyber 707

Yogyakarta - Kejahatan cyber makin marak terjadi. Maka, kewaspadaan sangat diperlukan. Ada perlunya pula untuk tidak mempercayai siapapun dalam soal aktivitas di dunia maya, termasuk pacar sekalipun.

"Karena kalau Anda menyerahkan password penting di internet pada pacar, jika suatu saat Anda putus bisa bahaya, misalnya dia mencuri data penting" kata Hasran Addahroni, Senior Security Analyst di PT Scan Nusantara dalam acara seminar Indonesian Security Conference di UPN Veteran, Yogyakarta, Sabtu (13/12) siang.

Hasran berbicara tentang topik social engineering, yakni upaya untuk mencuri informasi penting dari pemiliknya, antara lain melalui password. Hal ini dilakukan dengan berbagai upaya termasuk dengan penipuan.

"Perlu diingat bahwa internet adalah wilayah abu-abu. Bisa jadi orang mengaku wanita namun nyatanya pria," tambahnya.

Menurut Hasran, terdapat tiga tujuan dalam aktivitas social engineering, yakni mendapatkan informasi sensitif, detail otorisasi dan detail akses ke komputer korban.

Untuk mempertahankan diri dari upaya social engineering ini, Hasran mengemukakan beberapa saran, misalnya pelatihan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan komputer atau kebijakan password yang ketat. Misalnya, password penting harus diganti secara berkala.

Perhelatan Indonesian Security Conference 2008 tersebut masih akan berlangsung sampai hari Minggu mendatang.

0 komentar: