Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
8.24.2008

Setiap Murid di Pedalaman Afrika Miliki OLPC

Diposting oleh Cyber 707


Nieu, Afrika Selatan - Hampir seluruh anak sekolahan di pedalaman Afrika tengah girang. Pasalnya, hampir setiap anak sekolahan di desa tersebut kini telah dipersanjatai OLPC untuk dukung proses belajar mereka.

Adalah desa Nieu, pedalaman di Afrika Selatan yang giliran disambangi laptop-laptop murah XO dari Yayasan One Laptop Per Child (OLPC).

Dari 1500 total penduduk di desa tersebut, OLPC yang disumbangkan untuk desa tersebut adalah 500 unit. Bisa dibilang, program One Laptop Per-Child (satu laptop untuk satu anak-red.) benar-benar berjalan di desa tersebut. Karena jumlah anak sekolah di Nieu tak lebih dari 500 anak. Demikian seperti dikutip detikINET dari AFP, Minggu (24/8/2008).

Inisiatif ini dilakukan Yayasan OLPC berkat dukungan dari Massachusetts Institute of Technology di Boston yang juga didukung oleh News Corporation dan Google Corp. dari sektor bisnisnya.

Menurut Barry Vercoe dari OLPC Boston menyatakan, inisiatif ini adalah untuk memberikan kesempatan belajar dengan baik untuk anak-anak sekolah paling miskin sekalipun.

Yayasan OLPC sendiri berinisiatif untuk membuat laptop murah tersebut demi mengajak para donatur untuk berbagi dan memberi kesempatan anak-anak di daerah terpencil untuk dapat 'melek komputer'. Tentunya, agar generasi penerus dunia tersebut dapat belajar dengan layak.

Dengan laptop tersebut diharapkan murid bisa mendapatkan informasi yang lebih dari mengakses internet tersebut. Selain itu mereka juga dapat berkenalan dengan teman-teman mereka yang jaraknya jauh dengan menggunakan internet.

0 komentar: